Video Timelapse 10 Tahun Matahari ditayangkan NASA dalam Durasi Satu Jam

- 28 Juni 2020, 15:26 WIB
Ilustrasi flare atau kilatan Matahari (Pikiran Rakyat)

FIXBANJARMASIN.COM – Sebuah Video pada saluran YouTube resmi telah diunggah oleh Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA.

Video tersebut menampilkan timelapse pergerakan matahari selama sepuluh tahun yang dibuat menjadi durasi satu jam saja.

Peristiwa penting terkait Matahari seperti kejadian transit Venus melintasi flare Matahari, erupsi dan banyak lagi hal lainnya dipperlihatkan dalam video ini.

Mengutip dari Pikiran-rakyat.com, "Pada Juni 2020, Observatorium Solar Dynamics (SDO) NASA ini telah menyaksikan Matahari tanpa henti selama lebih dari satu dekade penuh," tulis NASA Goddard dalam postingannya di YouTube.

Artikel ini telah tayang sebelumnya pada portal Pikiran Rakyat dengan judul: NASA Rilis Video Timelapse 10 Tahun Matahari Menjadi Satu Jam. https://www.pikiran-rakyat.com/teknologi/pr-01578846/nasa-rilis-video-timelapse-10-tahun-matahari-menjadi-satu-jam?page=2

Dari orbitnya di sekitar Bumi, SDO telah mengumpulkan 425 juta gambar beresolusi tinggi dari Matahari, mengumpulkan 20 juta gigabyte data selama 10 tahun terakhir," ungkapnya.

Informasi timelapse 10 tahun ini memungkinkan penemuan baru tentang cara kerja bintang terdekat kita dan bagaimana mempengaruhi tata surya.

Dengan tiga instrumen, SDO menangkap gambar Matahari setiap 0,75 detik.

Instrumen Atmospheric Imaging Assembly (AIA) sendiri menangkap gambar setiap 12 detik pada 10 panjang gelombang cahaya yang berbeda.

Halaman:

Editor: Lalita hanief

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X