Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2020: Pendaftaran Online dan Sistem Zonasi Jadi Perhatian Serius

- 28 Juni 2020, 21:02 WIB
Tangkap Layar dari laman PPDB (siap-ppdb.com)

FIXBANJARMASIN.COM - Penerapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) masih belum bisa terlaksana secara normal. Hal ini disebabkan kondisi yang memungkinkan dalam masa pandemi corona saat ini.

Penerimaan Peserta Didik Baru yang saat ini diberlakukan secara daring dan sistem zonasi menjadi perhatian serius untuk siswa dan orang tua. Teknologi kini menjadi penentu nasib sekolah Anak.

Toyibatun (48) orang tua siswa yang mendampingi anaknya saat melakukan pendaftaran secara daring menyatakan "cukup rumit ya, banyak sekali kendala yang dihadapi saat pelaksanaan PPDB online ini, mulai dari teledornya waktu tes, hingga pengumuman kelulusan," tuturnya saat diwawancarai fixbanjarmasin.com 28 Juni 2020.

Ia juga mengungkapkan sistem zonasi di daerah Sampit, Kalimantan Tengah tidak diberlakukan, untuk semua wilayah.

Berbeda dengan siswa yang kini baru saja mendaftar Sekolah Menengah Atas di salah satu kota Jawa Barat, Oktarias Ananda (15).

Sistem zonasi yang diberlakukan terbagi menjadi dua, untuk tahap pertama sistem zonasi diberlakukan, dan untuk tahap kedua sistem zonasi tidak diberlakukan.

Tidak berbeda dengan daerah lainnya, persoalan saat mendaftar lewat online menjadi kendala yang dirasakan.

"Iya tentu saja ada kendala karena waktu pertama pendaftaran buka tahap 1 itu servernya down terus kaya load gitu, itu wajar mungkin karena satu wilayah Jabar pakai link website tersebut ya jadi rada loading lama," ungkapnya.

Ismi, salah seorang siswa yang telah mendaftar Sekolah Menengah Atas dari salah satu sekolah di Banjarmasin mengatakan "Saya kurang setuju untuk diberlakukannya sistem zonasi,karena mungkin di luar sana masih banyak yang ingin bersekolah di sekolah yang mereka mau,karena dibatasi oleh jarak tempat tinggal menuju sekolah”.

Halaman:

Editor: Lalita hanief


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X