Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja Meningkat Hingga 28 Persen

- 27 Juni 2020, 09:51 WIB
Penyalahgunaan Narkotika oleh Remaja Meningkat (BNN)

FIXBANJARMASIN.COM - 26 Juni 2020 di peringati sebagai Hari Anti Narkotika Internasional (HANI). Indonesia masih menjadi negara sasaran bandar narkoba Internasional.

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah dan aparat berwenang untuk menekan peredaran narkotika dan penggunaanya. Salah satu himbauan juga disampaikanBadan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui akun instagram @bnpb_indonesia dengan mengusung tema “‘hidup 100%’ mari hidup sadar, sehat, produktif dan bahagia tanpa Narkoba”.

Melansir dari situs bnn.go.id, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komisiaris Jenderal Polisi Heru Winarko mengatakan, penyalahgunaan narkotika di kalangan remaja makin meningkat. Ada peningkatan sebesar 24 hingga 28 persen remaja yang menggunakan narkotika.

Heru menerangkan, kalangan remaja yang terpapar narkotika lebih rentan sebagai pengguna jangka panjang. Sebab, mereka memiliki waktu yang cukup panjang dalam mengkonsumsi narkoba.

Menurut publikasi BNN Indonesia, data dari World Drugs Reports 2018 yang diterbitkan United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC), menyebutkan sebanyak 275 juta penduduk di dunia atau 5,6 % dari penduduk dunia (usia 15-64 tahun) pernah mengonsumsi Narkoba. Sementara di Indonesia, BNN selaku focal point di bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) mengantongi angka penyalahgunaan Narkoba tahun 2017 sebanyak 3.376.115 orang pada rentang usia 10-59 tahun.

Masalah penyalahgunaan Narkoba diIndonesia masih menjadi masalah besar yang harus diatasi pemerintah bersama segenap masyarakat agar terwujud generasi bangsa yang berkualitas dan sehat. ***

Editor: Lalita hanief

Sumber: BNPB, BNN


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X