Sasirangan of South Kalimantan Akan Menjadi Tema Pada Indonesia Fashion Weeks 2020

- 22 Juni 2020, 14:34 WIB
Hj.Cathrine Ambarsari,S.Hut Fashion Desainer

FIXBANJARMASIN.COM Sasirangan merupakan kain adat Suku Banjar di Kalimantan Selatan. Kain ini dibuat dengan proses dijahit atau diikat untuk memperoleh motif tertentu lalu diwarnai.

Hj.Cathrine   Ambarsari , Wakil ketua APPMI (Asosiasi Pengusaha Perancang Mode Indonesia ) KalSel, mengatakan bahwa “Sasirangan merupakan salah satu wastra  (kain) Nusantara yang sekarang termasuk diboomingkan dikancah nasional. Acara Banjarmasin Festival Sasirangan yang diadakan setiap tahun adalah bukti salah satunya pemerintah daerah ikut serta menyemarakkan dan memperkenalkan sasirangan dikancah nasional”.

Menurut Fashion Designer ini Kain sasirangan sangat bisa diunggulkan baik dari pewarnaan yang mempunyai warna yang berani dan menonjol, paduannya yang cantik dan elegan serta warnanya mempunya ciri khas tersendiri dibandingkan bahan lain. Motif  Sasirangan selalu berkembang sesuai dengan jamannya tanpa menghilangkan pakemnya dan tanpa meninggalkan ciri khas dari sasirangan itu sendiri.

Kain Sasirangan mengalami perkembangan pesat seiring tren mode. Sasirangan tidak hanya digunakan untuk menjadi pakaian namun dapat dibuat produk yang bervariasi seperti tas, sepatu, gantungan kunci, topi, selendang dan kerudung.

 “Dengan adanya Indonesian Fashion Weeks yang juga diadakan setiap tahunnya di JCC Jakarta dimana sasirangan selalu ikut serta dalam ajang tersebut bahkan tahun 2019 dan rencananya ditahun 2020 ini sasirangan of south Kalimantan menjadi tema utama dalam pagelaran akbar tersebut,” paparnya.

Cathrine optimis bahwa tidak menutup kemungkinan  Sasirangan akan dikenal lebih jauh lagi hingga pada skala Internasional.

“Kerajinan Sasirangan ini semakin kedepan semakin variatif baik dari segi bahan yang digunakan maupun dari motif. Bahan yang sekarang juga ikut tren misalnya bahan jeans, bahan woll dan bahan katun dengan berbagai model motif di pakai” tutur pengamat mode di Banjarmasin ini.

Cathrine menambahkan bahkan sekarang juga Sasirangan sering dilombakan oleh pemerintah daerah, lomba sasirangan dari berbagai bahan dan motif kekinian.

Hal ini semakin menuntut kreativitas para pengrajin harus lebih giat lagi dalam membuat ide-ide baru untuk dituangkan diberbagai bahan Sasirangan.

Halaman:

Editor: Lalita hanief


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X