Calon Ibu Kota Negara, Penajam Paser Utara Alami Lonjakan Penduduk Sebesar Seribu Jiwa

- 29 Juni 2020, 16:49 WIB
Foto kawasan calon ibu kota Negara baru di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur ANTARA FOTO

FIXBANJARMASIN.COM - Setelah ditetapkan nya Kalimantan Timur, di Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai ibu kota negara Indonesia baru hingga kini jumlah penduduk tercatat kian bertambah kurang lebih seribu jiwa.

Dikutip FIXBANJARMASIN.COM dari antaranews.com pada Senin, pukul 17:20 WITA 29 Juni 2020. Tercatat penduduk di daerah itu mengalami penambahan lebih kurang 1.000 jiwa.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Penajam Paser Utara Suyanto ketika ditemui di Penajam pada Senin.

"Penduduk Kabupaten Penajam Paser Utara terus bertambah, hingga Juni 2020 ada tambahan sekitar 1.000 jiwa," tuturnya.

Pencatatan saat ini di Kabupaten Penajam Paser Utara meningkat dari tahun sebelumnya yang berjumlah 172.671 jiwa. Kini jumlah itu bertambah menjadi sebanyak 173.671 jiwa, tercatat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Penajam Paser Utara, penambahan jumlah penduduk tertinggi di Kabupaten Penajam Paser Utara terjadi pada awal tahun ini Februari, Maret dan April.

Sejak ditetapkannya Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai calon ibu kota negara baru seolah menjadi haluan warga pendatang dari berbagai daerah untuk masuk ke Kabupaten ini.

"Diprediksi arus urbanisasi tidak bisa terbendung sejak Kabupaten Penajam Paser Utara ditetapkan sebagai calon ibu kota negara Indonesia yang baru," ujar Suyanto.

Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara bakal menambah persediaan blanko kartu tanda penduduk atau KTP elektronik menghadapi lonjakan arus urbanisasi tersebut.

Halaman:

Editor: Lalita hanief

Sumber: antaranews


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X