Manfaat dibalik Tren Bersepeda di Era New Normal

- 29 Juni 2020, 17:59 WIB
ILUSTRASI bersepeda.*

FIXBANJARMASIN.COM – Setelah berakhirnya PSBB di Kalimantan Selatan, Pemerintah kota Banjarmasin kini memperbolehkan masyarakat memulai aktivitas seperti biasanya dengan tetap mematuhi protokoler kesehatan.

Salah satu aktivitas yang dilakukan baru-baru ini yakni tren bersepeda sedang sangat banyak digandrungi orang-orang.

Memang pada tahun-tahun biasanya sudah ada tren bersepeda, namun tidak seramai saat ini.

"Sebenarnya banyak olahraga yang bisa dilakukan selain bersepeda, namun menurut saya kenapa orang-orang memilih bersepeda adalah karena mereka sudah bosan di rumah dan bersepeda adalah salah satu olahraga di luar rumah, cukup menyenangkan karena orang yang bersepeda lumayan banyak, sehingga saat di perjalanan tidak terasa sudah sampai lapangan murjani saja," ungkap Hasanul Fikri (19), saat membagikan pengalamannya mengikuti tren bersepeda di era new normal ini.

Sementara itu, pedagang sepeda di wilayah Pasar Sudimampir kini kebanjiran pelanggan yang hampir setiap harinya ada saja pembeli.

Remaja yang biasa disapa Fikri ini mengungkapkan "Sebenarnya bagus saja orang-orang membeli sepeda, asal memang setidaknya memakai masker dan menjaga kebersihan karena sudah pasti yang namanya pasar akan ada banyak orang. Sehingga tidak menutup kemungkinan ada virus di kerumunan orang banyak tersebut”.

Dilansir FIXBANJARMASIN.COM dari instagram @bemulm 29 Juni 2020 Tentang Beberapa Manfaat Tren Bersepeda di Tengah Pandemi.

  1. Menguatkan jantung

Bersepeda termasuk olahraga kardio, dikategorikan demikian karena dengan bersepeda, kinerja jantung, paru-paru, dan sistem sirkulasi darah akan meningkat. Selain itu, bersepeda secara teratur juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, menguatkan otot jantung, dan menurunkan tekanan darah. Menurunnya kadar kolesterol jahat akan mengurangi resiko penyempitan pembuluh darah. Otot jantung yang biasa terlatih akan lebih efektif sehingga proses mengantarkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh makin optimal. Semakin baik kinerja sistem peredaran darah atau kardiovaskular, makin rendah risiko terkena stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi.

  1. Meningkatkan kekuatan otot

Berapa banyak anggota tubuh dan otot yang terlibat saat kita bersepeda? Hampir semuanya. Maka jika dilakukan secara rutin, maka otot yang kuat dan fleksibel menjadi salah satu dari hasilnya. Selain itu, koordinasi dan keseimbangan tubuh juga ikut terlatih.

Halaman:

Editor: Lalita hanief


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X