Yaman Alami Peningkatan Kasus Kekurangan Gizi Akibat Krisis Dana

- 27 Juni 2020, 07:18 WIB
Anak-anak di Yaman Terancam Gizi Buruk (Reuters/ kalsel.antaranews.com)

 

FIXBANJARMASIN.COM – Sara Beysolow Nyanti, Perwakilan UNICEF Yaman mengatakan bahwa Yaman dapat mengalami peningkatan kasus kekurangan gizi hingga 2,4 juta pada akhir 2020 akibat kekurangan dana kemanusiaan.  

Sara mengungkapkan jika Yaman tidak menerima dana mendesak, anak-anak akan didorong ke ambang kelaparan dan banyak yang akan mati. Yaman tidak dapat melebih-lebihkan skala darurat ini”.

Warga sipil yang telah tewas mencapai puluhan ribu orang. Yaman telah dihancurkan akibat perang lebih dari lima tahun. Konflik gerakan Houthi selaras dengan Iran yang mengendalikan sebagian besar negara.

Krisis kemanusiaan ini disebut sebagai yang terburuk di dunia, oleh karena itu UNICEF memperingatkan kenaikan 20 persen dalam jumlah anak yang kekurangan gizi di bawah usia lima tahun. 

PBB mengatakan tidak memiliki cukup dana untuk mempertahankan respons bantuan terbesar di dunia. Bulan ini pihaknya berjanji mengangkat setengah dari apa yang dibutuhkan dan program bantuan yang berdampak pada jutaan akan ditutup dalam beberapa minggu mendatang.

UNICEF meminta sekitar Rp 6,5 miliar untuk tanggapan kemanusiaan, yang saat ini hanya 39 persen didanai, dan sekitar Rp 756 miliar untuk tanggapan Covid-19 yang hanya didanai 10 persen.

Artikel ini sebelumnya telah tayang pada Portal Pikiran Rakyat dengan judul:”Akibat Krisis Dana, Yaman Alami Kenaikan Kasus Kekurangan Gizi pada Anak hingga 20 Persen”.https://www.pikiran-rakyat.com/internasional/pr-01577944/akibat-krisis-dana-yaman-alami-kenaikan-kasus-kekurangan-gizi-pada-anak-hingga-20-persen?page=2#

Sistem kesehatan Yaman sudah di ambang kehancuran, terus membutuhkan bantuan. Kolera, malaria dan demam berdarah melanda di tengah populasi yang kekurangan gizi bahkan sebelum wabah coronavirus.

Halaman:

Editor: Lalita hanief

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X